Bisnis

Ketahui Pros dan Cons Investasi di P2Pinvasia

Sebagai salah satu investor di P2Pinvasia, dan setelah cukup lama bermain di Bursa Efek, bisa saya katakan kalau P2Pinvasia ini jauh lebih baik daripada jual beli saham di Bursa Efek Indonesia. Penjelasan selengkapnya tentu akan saya jabarkan nanti.

Tapi, disisi lain juga P2Pinvasia itu pun memiliki kelemahan juga. At least, kelemahan itu gak terlalu signifikan sih. Hanya saja saya merasa pihak P2Pinvasia perlu memperbaiki nya.

Kalau Anda sudah pengalaman di BEI dan sudah pernah bermain dengan 8-12 nol angka dibelakang, tentu P2Pinvasia bukan pilihan yang tepat. P2Pinvasia tidak bisa di bandingkan dengan investasi besar di Bursa Efek Indonesia, dimana uang puluhan miliar termasuk angka yang kecil. Tapi, bagi investor baru, P2Pinvasia menurut saya sangat cocok digunakan. Karena bisa dikatakan Zero Risk, dan ROI nya pun tergolong besar.

Yuk, Cekidot, apa saja Pros (Kelebihan) dan Cons (Kekurangan) P2Pinvasia ini !!. Semua konten di artikel ini berdasarkan pengalaman saya sendiri. Jadi, bila ada beda opini, atau ada hal yang menurut saya menjadi kekurangan dari P2Pinvasia, dan menurut orang lain bukan termasuk kekurangan, ya Mohon maaf saja. Nama nya juga opini.

 

Pros (Kelebihan)

ROI Tergolong Tinggi

Tahun 2018 saya berinvestasi sebesar 20 juta rupiah dan 10 juta rupiah di dua anak usaha STAR SHARE. Investasi pertama sudah balik modal dalam 4 bulan, dan passive income berlanjut hingga kini. Investasi kedua bangkrut (gagal) namun modal sudah di kembalikan di tahun 2019 yang lalu (masih dapat untung meski kecil).

Angka tersebut menurut saya fantastis di kala itu. Dan ketika saya mencoba berinvestasi lagi, sering nya tidak tersedia listing bisnis STAR SHARE yang terbuka.

Bagi yang belum tahu, ROI adalah rasio uang yang diperoleh atau hilang pada suatu investasi, relatif terhadap jumlah uang yang diinvestasikan. ROI adalah singkatan dari Return of Investment.

Surat Perjanjian Kerjasama berbentuk Fisik

Bila Anda pernah ikut Forex atau Trading, setelah Anda mentransfer pembayaran untuk saldo (misalkan) sebesar 50 juta, selanjutnya Anda hanya akan mendapatkan pemberitahuan melalui email bahwa “Pembayaran Anda telah diterima dan saldo sudah masuk ke akun”. Ya, hanya sekedar pemberitahuan saja.

Memang, tidak ada yang salah dengan itu. Namun, rasa- rasa nya agak kurang pas. Ada yang kurang, dan terasa mengganjal. Seperti hal nya Anda melakukan kerjasama usaha, kemudian menyerahkan uang sebesar 100 juta kepada pengelola usaha, dan Anda hanya mendapatkan ucapan “Terimakasih, modal 100 juta ini sudah saya terima”.

Berbeda dengan di P2Pinvasia, Investor akan mendapatkan Surat Perjanjian Kerjasama usaha berbentuk fisik, lengkap dengan tanda tangan Pengelola dan Investor, lengkap dengan materai. Jadi, semua nya menjadi benar- benar resmi, dan ada bukti yang kuat atas uang permodalan yang diberikan.

Menyediakan Jasa Notaris

Fitur ini saya suka, namun tidak saya gunakan. Saya berinvestasi ke 4 listing bisnis, dan semua nya tidak menggunakan jasa notaris. Namun, bagi investor yang ingin memberikan permodalan besar (50 juta keatas untuk banyak listing bisnis), fitur ini sangatlah cocok untuk digunakan.

Lain- lain

Kelebihan lain yang tidak saya tuliskan disini, bisa di lihat saja di halaman ini: Alasan untuk berinvestasi di STASASHI. Saya tidak tertarik untuk menulis sesuatu yang sebelum nya sudah ditulis oleh orang/ pihak lain.

Tenang aja, seumur- umur pengetahuan saya menggunakan layanan P2Pinvasia, semua klaim atas fitur yang mereka berikan adalah benar adanya dan tidak ada syarat tersembunyi nya.

 

Cons (Kekurangan)

Fitur unggulan Video Alibi telah di tiadakan

Semenjak awal tahun 2020, fitur Video Alibi yang menjadi ciri khas P2Pinvasia, dan juga merupakan salah satu fitur unggulan, sudah tidak ada lagi. Padahal fitur ini di nilai masyarakat cukup bagus. Pihak P2Pinvasia menganggap bahwa fitur Video Alibi memakan birokrasi yang berbelit- belit, sehingga mereka menonaktifkan nya.

Tidak memiliki Aplikasi di Playstore

Sangat disayangkan sekali, mereka tidak memiliki aplikasi yang tersedia di Google Play Store. Bila ada, tentu akan menjadi kelebihan tersendiri.

Fitur Terlalu Banyak (Membingungkan)

Tidak seperti hal nya web saham dari mancanegara, Saya merasa pihak P2Pinvasia terlalu banyak memberikan menu dan fitur -yang menurut Saya tidak terlalu penting. Bila Anda melihat di halaman Menu Lanjutan, banyak sekali tombol yang bagi sebagian besar Pengguna tidak tahu apa fungsi nya.

Menurut Saya, mereka terlalu mamaksakan untuk menggabungkan menu dari layanan Investor, Founder dan CO Founder ke dalam satu Platform. Sehingga, tampak rumit dan malah menjadi tidak berhasil guna.

Pilihan Listing Bisnis yang sedikit

Ini adalah kekurangan yang menurut Saya sangat critical. Karena tagline/ slogan utama yang di tampilkan di P2Pinvasia adalah seakan- akan investor bisa memilih berbagai macam listing bisnis (banyak pilihan). Namun, kenyataan nya hanya sedikit listing bisnis yang tersedia.

Sebelum tahun 2020, Saya lihat memang ada puluhan listing bisnis. Namun, pada bulan Januari 2020 saja, hanya ada 10 listing bisnis yang tertampil. Bulan Februari 2020, hanya ada 3 yang tertampil.

Hal ini memang sudah mereka konfirmasi bahwa mulai awal tahun 2020, mereka lebih ketat menyeleksi proposal usaha -selain dari PT. BERBINTEK- yang masuk. Mereka mengklaim bahwa tujuan nya adalah untuk memperkecil peluang kerugian yang mungkin terjadi.

Menurut Saya, hal ini harus diperbaiki oleh Pihak P2Pinvasia. Entah bagaimana caranya, mereka harus bisa memperluas jaringan supaya mendapatkan listing bisnis yang lebih banyak untuk ditampilkan, sehingga menjadi relevan dengan tagline yang di tuliskan di websites resmi mereka.

Ada kemungkinan usaha bangkrut.

Sangat bohong bila ada orang yang menawarkan bisnis anti rugi. Setiap bisnis pasti memiliki resiko. Dikarenakan investor memberikan permodalan ke sebuah bisnis murni, namun itu tetap saja sebuah bisnis -yang selalu ada resiko di dalam nya.

Bangkrut bukan berarti uang Anda hilang. Jangan salah paham. Dengan fitur investasi RDP (Resiko Ditanggung Pengelola), permodalan yang diberikan oleh Investor akan 100% dikembalikan apabila usaha yang di danai mengalami kebangkrutan.

Kerancuan Memilih Listing Bisnis oleh Investor Pemula

Memberikan permodalan ke anak usaha PT. BERBINTEK adalah pilihan yang sangat bijak. Karena kita pasti tahu pengelolaan nya bisa dilakukan dengan profesional. Namun, memberikan permodalan ke Startup yang dikelola oleh seorang amatir, memiliki resiko lebih tinggi.

Berbagai bisnis yang ditampilkan di halaman Listing Bisnis di P2Pinvasia adalah bercampur, antara Listing Bisnis milik PT. BERBINTEK dan Listing Bisnis milik seorang amatir (mereka menyebutnya “Listing Bisnis Biasa”). Anda perlu jeli memilih nya.

Bagi investor baru, mereka biasanya langsung memilih listing bisnis yang mereka sukai, tanpa memperdulikan hal ini. Bila ada investor yang menyukai bisnis Ternak, maka mereka memilih begitu saja bisnis dengan jenis ternak, yang tertampil di halaman itu (meskipun bisnis itu dikelola oleh orang yang belum berpengalaman). Padahal, memberikan permodalan kepada seorang yang bukan profesional (selain ke PT. BERBINTEK) biasanya tidak berakhir baik.

P2Pinvasia hampir mengalami kebangkrutan namun tidak ada tindakan hukum kepada pelaku

Memang, akan sangat sulit rasanya melaporkan anak kandung kita sendiri ke kepolisian bila kita mendapati dia mengkonsumsi narkotika. Namun, sebagai pihak yang profesional, harus nya hal semacam ini tetap harus di laporkan dan dituntaskan.

Pertengahan tahun 2020 yang lalu, pihak STAR SHARE -nama perusahaan yang mengelola P2Pinvasia, melalui artikel di blog nya ini: Pengkhianatan Terbesar Sepanjang Sejarah Perusahaan STAR SHARE, mengkonfirmasi bahwa telah terjadi pengkhianatan yang dilakukan oleh orang dalam kepercayaan mereka. Perkara nya adalah sabotase modal 200 Miliar.

Hal ini menyebabkan performa perusahaan menurun drastis, dan salah satu startup unggulan mereka menjadi hampir bangkrut. Performa yang menurun juga mengakibatkan efek buruk kepada Customer. Investor juga menjadi sangat kecewa karena kejadian itu.

Meskipun sumber masalah nya terletak pada anggota tim yang berkhianat, namun tetap saja, berhasil atau tidak nya sebuah startup adalah tetap menjadi tanggung jawab pihak STAR SHARE. Pihak STAR SHARE harus nya merespon hal ini dengan melaporkan orang dalam yang berkhianat tersebut kepada Pihak Kepolisian.

Namun, 6 bulan semenjak kejadian tersebut terjadi, tidak ada kelanjutan kabar mengenai hal itu yang mereka tuliskan di blog mereka. Saya masih tidak tahu secara pasti, apakah mereka berencana melaporkan nya nanti, ataukah sudah dalam proses pelaporan, namun tidak memberikan kabar kepada publik.

Kita semua masih tidak tahu, apakah hubungan personal yang terjadi dengan orang dalam tersebut sangatlah erat sehingga tidak tega melaporkan nya, ataukah ada alasan lain. Tapi, tetap saja, dengan kejadian tersebut, pandangan investor mengenai profesionalisme mereka pun menjadi diragukan.

 

Kesimpulan

Kok banyak banget kekurangan nya daripada kelebihan nya?. Ya, sekali lagi, saya menulis apa yang belum di tulis oleh P2Pinvasia, dan saya tidak tertarik menulis ulang. Kelebihan lain nya bisa kalian lihat di halaman resmi web mereka disini: Alasan untuk berinvestasi di STASASHI

Dan pertanyaan yang sering diajukan oleh orang- orang kepada saya, mengenai berapa passive income perbulan yang telah saya dapatkan dari P2Pinvasia tersebut?. Jawaban nya adalah sangat berubah- ubah. Karena itu merupakan kerjasama usaha. Karena saya tidak pernah menghitung total nya, maka saya gak bisa menjawab nya.

Namun, saya sudah lama balik modal dari P2Pinvasia itu. Dan sekarang tinggal menerima passive income bulanan nya. Memang benar, “kalau kalian tidak memiliki waktu, keterampilan atau tenaga untuk memulai bisnis, maka bekerjasama lah dengan orang/ pihak yang mampu melakukan nya”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *