Bisnis

Perbandingan Magang di STAR SHARE VS Perusahaan Lain

Berencana magang untuk melengkapi tugas sekolah atau kuliah?. Mau berencana magang di perusahaan terdekat, ataukah magang di perusahaan STAR SHARE?. Apa sih yang membedakan magang di STAR SHARE, dengan magang di perusahaan lain?. Simak penjelasan nya dibawah ini.

Bisa Dilakukan Secara Remote

Selama ini, tidak ada sebuah perusahaan sekelas Perseroan Terbatas (PT) di Indonesia, yang menyediakan magang secara online. Jadi ini merupakan sebuah kelebihan yang hanya dimiliki oleh perusahaan STAR SHARE saja, dan tidak bisa digunakan untuk perbandingan dengan perusahaan lain.

Magang secara online memiliki manfaat yang banyak. Diantara nya adalah: tidak terjebak macet, tidak perlu keluar biaya transportasi, aman dan nyaman karena dilakukan dari rumah, dsb.

Kelebihan ini sebenarnya bisa langsung kita gunakan untuk melakukan penilaian, bahwa magang di perusahaan STAR SHARE jauh lebih unggul dari banyak segi, karena bisa dilakukan secara remote/ online.

Agar tidak membosankan dan sampai disini saja penulisan artikel ini, mari kita coba bandingkan hal lain yang bisa di perbandingkan. Simak perbandingan selanjutnya dibawah ini.

Satu- Satu Nya Yang Memiliki Manajemen Khusus Magang

Bila sebuah perusahaan memiliki manajemen karyawan, itu lumrah. Tapi, sebuah perusahaan dengan manajemen anak magang, hanya satu perusahaan yang memiliki nya, yaitu perusahaan STAR SHARE.

Manajemen magang disana benar- benar bagus dan terukur. Banyak Universitas dan Sekolah Menengah Atas, mempercayakan anak didik mereka perihal magang, di perusahaan tersebut.

Kesetaraan Status

Bagaimana rasanya ketika Anda bertanya kepada senior di dalam sebuah perusahaan tempat Anda magang, dan dia langsung memalingkan muka nya dan tidak menanggapi. Merasa sakit hati?, kecewa?, kapok dan tidak mau bertanya lagi?. Itu yang sering terjadi pada anak magang di sebuah perusahaan. Terutama apabila mereka magang di perusahaan besar.

Jangankan dijawab dengan baik. Bahkan karyawan sering nya tidak mau mendekati anak magang. Takut ditanya. Takut menjadi repot. Takut pekerjaan nya tidak terselesaikan dengan baik.

Berbeda dengan yang terjadi di STAR SHARE. Karyawan dilarang memandang anak magang sebelah mata. Mereka memberikan kesetaraan ketika menjalankan aktivitas kerja. Anak magang dan karyawan, status nya sama.

Insentif

Kebanyakan perusahaan tidak memberikan insentif sama sekali kepada peserta magang. Tapi perusahaan STAR SHARE berbeda. Mereka memberikan insentif hingga Rp. 800.000 tiap bulan nya.

Adapun nilai insentif ini sebenarnya tergolong cukup besar bila melihat lokasi perusahaan yang ada di kota semarang, dengan UMR yang hanya sebesar 2 juta an saja di kota itu. Maksud nya, insentif 800K yang diberikan itu hampir setengah dari UMR kota Semarang tersebut. Inipun diberikan setiap bulan.

Kebanyakan perusahaan di Jakarta dengan UMR yang hampir mencapai 4 juta rupiah, biasanya hanya memberikan insentif sebesar 1 juta rupiah saja, dan diberikan hanya satu kali saja (di akhir masa magang), untuk jangka waktu magang selama 6 bulan. Jadi, setiap bulan nya peserta tersebut hanya mendapatkan 166K saja. Perbedaan yang sangat signifikan.

Tersedia Job Description

Hal yang paling mengerikan, dan yang paling tidak disadari oleh anak magang adalah ketersediaan pekerjaan yang bisa mereka pegang. Kemampuan anak magang pasti berbeda dengan kemampuan karyawan. Karyawan memiliki pengalaman yang jauh lebih banyak. Oleh karena itu, tidak banyak (atau bahkan tidak ada sama sekali) pekerjaan yang bisa diberikan kepada anak magang.

Bayangkan, anak magang yang tidak diberi pekerjaan. Hanya sendirian, tidak melakukan apapun ditempat kerja. Semua karyawan memandang nya sebagai orang yang menggangu pemandangan.

Kalau di perusahaan STAR SHARE berbeda. Syukurlah mereka sudah mempersiapkan aktivitas kerja sesuai kemampuan anak magang. Ada pekerjaan yang mudah, ada pekerjaan yang menantang. Sehingga, semua anak magang dari berbagai jenis kemampuan bisa punya hal yang mereka kerjakan.

Surat Keterangan Kerja

Dan yang satu ini yang paling diburu oleh kebanyakan mahasiswa. Yaitu Surat Keterangan Kerja. Dengan ini, bila sudah lulus nanti, peserta yang magang di STAR SHARE tidak dianggap sebagai Fresh Graduate (lulusan baru). Karena mereka dianggap sudah pernah bekerja, dengan bukti Surat Keterangan Kerja yang dikeluarkan oleh PT. Berbagi Bintang Teknologi tersebut.

 

Tentu saja, selain itu, ada lusinan perbedaan- perbedaan lain, yang tidak bisa semuanya dituliskan dalam artikel ini. Secara overal, magang di perusahaan STAR SHARE jauh lebih unggul. Hal ini tidak bisa dibantah lagi.

Alasan nya sederhana. Karena STAR SHARE membuat sistem manajemen tersendiri untuk mengelola anak magang. Sedangkan perusahaan lain, tidak punya sistem semacam ini. Bagi perusahaan besar, anak magang adalah hal yang tidak penting untuk diurusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *